IBX5AE02DED33218

Tanya Dokter Mata: Makanan Sehat untuk Mata dan Gangguan Mata

Mata merupakan salah bagian penting manusia, dengan mata seseorang dapat melihat keindahan alam, menjadi identitas, memberikan penilaian maupun kepribadian orang lain, mengawasi hal yang berbahaya dan mengekspresikan perasaan. Bayi yang lahir memiliki kemampuan melihat warna putih, hitam dan abu-abu, dapat juga melihat warna merah tetapi seiring berjalannya waktu akan membuat sel fotoreseptor menjadi lebih kuat dan ketika memasuki usia 2 bulan mengenali warna hijau. Fakta mengejutkan tentang mata bahwa bola mata akan terus bertumbuh seiring perkembangan tubuh manusia. Adanya mutasi gens OCA2 menyebabkan mata warna biru lahir di dunia. Beberapa masalah pada bagian mata dapat dikonsultasikan dengan tanya dokter mata di halodoc.

Makanan Sehat untuk Mata dan Gangguan Mata

Sebelum mengetahui makanan sehat dan gangguan pada mata perlu mengetahui komponen mata. Kornea memiliki fungsi untuk memberikan cahaya yang masuk dan menjadi area sensitif. Bilik mata depan yang berfungsi menjadi penyeimbang tekanan dalam mata dan memiliki bentuk mirip jelly. Sklera dengan bagian putih dan memiliki otot pada bagian dalamnya untuk menggerakkan mata. Iris pupil yang mengatur jumlah cahaya dan menyesuaikannya dengan pupil. Lensa yang berfungsi memusatkan gambar dan cahaya sehingga akan menguatkan fokus pada mata. Koroid dengan fungsi pemasok darah dan nutrisi menuju retina dan seluruh anatomi, terdapat juga badan viterous, retina dan saraf optik.

Berikut adalah makanan sehat untuk mata diantaranya:

Jeruk yang memiliki kandungan vitamin C, untuk menyehatkan pembuluh darah di mata dan memerangi terjadinya katarak, mengatasi penurunan penglihatan.
Buah naga yang berfungsi untuk menyehatkan serta melindungi bagian kornea mata.
Srikaya dengan vitamin B dan C yang mengandung kalim untuk mengurangi kelebihan cairan pada bagian bawah kulit penyebab mata bengkak.
Nangka dengan vitamin C untuk mengatasi makula dan katarak.
Manggis yang memiliki vitamin B kompleks sehingga akan membantu degenerasi makula.
Paprika merah dengan vitamin A, C dan E yang membantu pembuluh darah mata dapat dikombinasikan dengan kol, bok choydan stroberi.
Biji bunga matahari yang memiliki vitamin E untuk mencegah katarak, disarankan untuk orang dewasa dan memperlambat makula.

Selain itu, perlu mengonsumsi sayuran hijau seperti collard, bayam dan kale dengan kandungan vitamin C dan E sebagai penurun resiko penyakit mata untuk jangka panjang. Begitu juga dengan ikan salmon yang mencegah terjadinya glaukoma dan membantu pencegahan mata kering. Ubi jalar dengan manfaat untuk membantu mata menyesuaikan penglihatan ketika berada di malam hari. Konsumsi daging dan unggas diperlukan untuk kesehatan mata terutama pada bagian retina dan pigmen yang melindungi melanin.

Berikut adalah beberapa gangguan kesehatan diantaranya:

Ablasio dimana lepasnya retina dari epitel, gejala ini membuat mata melihat benda melayang-layang, penurunan penglihatan dan mata mulai tertutup.
Bufthalmus yang membuat tekanan pada bola mata sehingga mengganggu kerja kornea mata, gangguan ini dapat diatasi dengan operasi sayatan.
Blefaritis merupakan peradangan pada bagian kelopak mata yang disebabkan oleh bakteri stafilokokus dan bersentuhnya mata dengan kelopak mata.

Terdapat juga dakriosistitis merupakan penyumbatan pada saluran air mata menuju hidung, hal ini terjadi karena infeksi dan akan hilang tetapi jika pembengkakan merah maka segera tanya dokter mata. Endoftalmitis merupakan gangguan mata yang membuat bola mata menjadi bernanah biasanya dikarenakan oleh masuknya benda tajam di mata. Beberapa gangguan ini dapat diatasi dengan makanan sehat dan menjaga bagian mata dari kebiasaan buruk yang memberikan resiko tinggi menyebabkan masalah mata.

0 komentar:

Post a Comment