IBX5AE02DED33218

Macam-Macam Keripik Khas Indonesia yang Paling Populer

Keripik merupakan makanan ringan yang menjadi favorit hampir di tiap negara dengan ciri khas masing-masing baik itu keripik buatan rumah atau keripik olahan yang sudah jadi. Keripik sangat digemari oleh seluruh kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa karena rasanya yang gurih dan renyah yang dibuat melalui tahap penggorengan pada minyak panas.

Keripik Sanjay Salah Satu Keripik Khas Indonesia

Keripik Khas Dari Berbagai Daerah

Di Indonesia sendiri terdapat keripik yang menjadi ciri khas masing-masing tiap daerah dengan rasa yang unik dan terbuat dari berbagai jenis bahan mulai dari tumbuhan hingga hewan. Untuk menambah cita rasa dan aroma biasanya ditambahkan adonan tepung yang telah dicampur dengan bumbu rempah tertentu. Berikut macam-macam keripik yang wajib anda coba.

1. Rempeyek
Umumnya rempeyek atau yang dikenal dengan peyek mudah ditemukan di warung-warung dekat rumah namun ternyata rempeyek berasal dari kota Tarempa, Kepulauan Riau dengan rasa yang pastinya lebih gurih dan enak. Terbuat dari campuran telur dan tepung yang ditaburi kacang tanah atau udang sangat cocok dijadikan sebagai lauk.
2. Opak
Opa merupakan makanan khas Sunda yang terbuat dari tepung beras dan campuran bumbu rempah dengan rasa yang gurih dan nikmat.
3. Keripik Sanjay
Keripik Sanjay terbuat dari singkong yang dipotong panjang dan dibalur dengan saus balado sehingga memiliki cita rasa campuran manis dan pedas yang berasal dari Padang.
4. Keripik Belut
Belut umumnya hanya diolah biasa seperti lauk pada umumnya namun di Jogja, terdapat keripik belut dengan rasa dan tekstur yang gurih. Bisa sebagai lauk atau cemilan dan wajib dicoba bagi pecinta belut.
5. Keripik Oncom
Keripik yang terbuat dari oncom ini sangat populer di Bandung. Terbuat dari oncom yang diiris tipis kemudian diberi adonan tepung dan bumbu kemudian digoreng sehingga memiliki ciri khas yang enak dan renyah.
6. Keripik Tempe
Meskipun keripik tempe sudah banyak dijual, awalnya berasal dari Malang. Keripik tempe malang memiliki bentuk dan rasa yang berbeda dan sangat populer.
7. Keripik Pisang
Saat ini sudah banyak beredar keripik pisang di berbagai daerah namun keripik ini awalnya berasal dari Lampung. Namun jenis keripik ini dibuat dengan menggunakan oven sehingga lebih tahan lama dan juga memiliki pilihan varian rasa yang banyak yaitu rasa asin dan manis ataupun campuran.
8. Keripik Buah
Siapa sangka jika buah ternyata bisa dijadikan sebagai keripik. Keripik buah berasal dari Malang dan umumnya terbuat dari salah, stroberi, apel, nangka, dan buah-buahan lainnya dengan rasa yang sangat unik dari tiap buah yang digunakan.
9. Keripik paru
Ternyata terdapat keripik paru yang berasal dari kota Salatiga. Keripik paru ini umumnya terbuat dari paru-paru sapi dengan rasa yang sangat enak. Sayangnya harga keripik paru cukup mahal namun rasanya yang gurih tidak akan membuat anda menyesal.
10. Keripik Jangkrik
Serangga satu ini lebih sering diburu untuk dijadikan sebagai pakan burung namun di Jogja, jangkrik dijadikan sebagai keripik bahkan tak jarang banyak yang menjadikannya sebagai oleh-oleh. Keripik jangkrik memiliki rasa yang gurih dan renyah seperti keripik pada umumnya.

Inilah 10 jenis keripik pada tipa kota dan daerah dengan ciri khas masing-masing. Beberapa keripik memang sudah umum dijual dan mudah ditemukan namun tidak ada salahnya untuk mencobanya di kota asal karena biasanya memiliki rasa yang berbeda dan lebih enak. Anda bisa menjadikan keripik sebagai salah satu oleh-oleh yang harus dibawa pulang.

0 komentar:

Post a Comment