IBX5AE02DED33218

3 Teknik Memotret Background Blur Menggunakan DSLR

Saat melihat gambar bokeh atau blur bagian background, tentunya kamu penasaran bagaimana teknik yang digunakan bukan? Sedangkan untuk membuat hasil gambar blur di bagian background membutuhkan teknik tertentu, sehingga membutuhkan pengetahuan yang cukup.

Cara memotret blur dengan kamera DSLR membutuhkan teknik yang cukuplah mudah. Terlebih lagi bagi kamu yang menyukai dunia fotografi, tentunya kamu ingin membuat tampilan background gambar yang terlihat blur bukan? Karena background blur lebih menarik dibandingkan dengan gambar yang biasa.

Teknik Memotret Background Blur Menggunakan DSLR

Cukup lakukan 5 teknik berikut, maka background gambar akan menjadi blur

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan supaya gambar yang menjadi objek foto kamu menjadi blur. Selain memperhatikan dari segi cara memakai kamera, kamu pun juga bisa mengetahui membuat tangkapan kamera menjadi blur.

Berikut ini cara yang bisa untuk kamu lakukan diantaranya:

1. Lakukan set zoom pada titik maksimal
Melakukan set zoom pada titik maksimal akan memudahkan kamu dalam menghasilkan gambar yang blur. Apabila kamu menggunakan lensa 18 hingga 55m, maka kamu bisa menggunakan zoom 55mm atau yang lainnya. Namun yang pasti, lakukan zoom hingga maksimal.

2. Tentukan jarak antara objek dengan background
Memperhatikan jarak antara objek dengan subjek haruslah diperhatikan dengan baik. Jika kamu menggunakan objek manusia, maka untuk jarak background Nya minimal nya sejauh 5m. intensitas blur akan semakin tinggi apabila jarak background dengan objek semakin jauh.

3. Perhatikan dari segi besaran objek
Besaran objek haruslah disesuaikan dengan jarak background dengan objek. Apabila objek memiliki ukuran yang lebih kecil, maka tidak membutuhkan jarak yang jauh pada background Nya. Jarak toleransi objek dengan background akan semakin dekat apabila wilayah objek semakin sempit ketika id bidik dalam jarak yang dekat.

Faktor pendukung terbentuknya gambar blur pada kamera

Gambar kamera yang blur disebabkan karena beberapa faktor. Oleh karena itu, kamera tidak akan menjadi blur dengan sendirinya. Karena memang ada beberapa faktor yang berperan dalam menghasilkan gambar terlihat blur. Berikut ini faktor yang mendukung gambar menjadi blur, yaitu:

1. Faktor ruang ketajaman yang mempengaruhi intensitas
Adanya faktor berupa ruang ketajaman inilah yang telah mempengaruhi intensitas, sehingga menjadikan gambar terlihat blur. Sedangkan bagian yang terlihat blur yaitu pada bagian background Nya.

2. Faktor pengaruh dari lensa kamera
lensa kamera memiliki pengaruh yang cukup besar dalam hal menentukan hasil jepretan kamera. Sedangkan untuk lensa focal Length terpanjang bisa memberikan hasil blur yang lebih maksimal. Ada beberapa lensa yang bisa mempengaruhi pada hasil gambar yang lebih blur.

3. Bukaan lensa yang semakin besar, maka angkanya akan semakin kecil
Apabila kamu menggunakan lensa yang lebih besar, yaitu f/2.8 maupun lebih besar lagi, maka untuk latar belakang atau background gambar pun akan terlihat lebih blur. Sedangkan angkanya akan semakin kecil apabila kamu menggunakan bukaan yang lebih besar.

4. Rentang fokal lensa yang semakin membesar
Apabila kamu menggunakan rentang fokal lensa lebih besar, maka untuk background nya pun juga akan terlihat menjadi blur. Sedangkan untuk background gambar diambil menggunakan rentang fokal lensa 55mm dan lebih blur dibandingkan dengan mengambilnya pada rentang fokal lensa 18 mm.

Cara memotret blur dengan kamera DSLR cukuplah mudah untuk dilakukan, salah satunya seperti teknik yang ada di atas acuan ketika kamu merasa kebingungan untuk mendapatkan hasil gambar blur pada jepretan kamera.

0 komentar:

Post a Comment