IBX5AE02DED33218

Inilah Tips Atasi Sesak Nafas dengan Mudah

Bernafas merupakan salah satu ciri dari makhluk hidup termasuk manusia. Dalam sistem pernafasan manusia, ada beberapa organ yang menunjang seperti paru-paru, alveolus, trakea, bronkus, bronkiolus, dan hidung. Ketika sistem pernafasan berjalan dengan optimal, maka suplai oksigen dari paru-paru ke keseluruh jaringan tubuh akan terpenuhi. Sebaliknya, ketika suplai oksigen bermasalah, jaringan tubuh akan bermasalah pula.

Tips Atasi Sesak Nafas

Sesak nafas merupakan salah satu penyakit sistem pernafasan dimana suplai oksigen ke seluruh tubuh tidak optimal. Ada beberapa penyebab yang mempengaruhinya seperti alergi atau bakteri. Kondisi ini dapat terjadi terutama pada anak-anak ataupun orang dewasa. Ketika dada terasa sesak, saluran pernafasan akan tersumbat disertai gejala seperti nyeri dada, batuk, pusing, dan dada berat. Nah, ketika hal ini terjadi, sebaiknya segera terapkan cara mengatasi sesak nafas yang alami berikut ini!

Minum Air Hangat

Penyebab sesak nafas bisa jadi adanya dahak yang menyumbat saluran pernafasan. Maka dari itu, Anda dapat mengatasinya dengan meminum air hangat. Menurut pengalaman, meminum air hangat saat sesak nafas bisa membantu mengencerkan dahak sehingga sedikit memberi kelegaan. Apabila dada lega, maka bernafas pun jadi lebih lancar.

Ramuan Susu, Kunyit, dan Madu
Cara mengatasi sesak nafas selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan kunyit. Kunyit merupakan salah satu tanaman obat keluarga yang dipercaya secara turun temurun memiliki banyak khasiat. Ketahuilah, kunyit merupakan antioksidan yang hebak untuk kesehatan. Anda dapat memadukan kunyit dengan susu dan madu untuk mengobati penyakit sesak nafas. Caranya, masukkan setengah sendok teh kunyit ke dalam satu gelas susu panas. Kemudian, tambahkan dua sendok teh madu dan sedikit lada hitam. Jika sudah, minumlah ramuan ini dalam kondisi panas untuk meredakan sesak nafas.

Jus Lemon dan Madu
Selain dua cara di atas, Anda juga dapat mencoba cara ini untuk mengatasi sesak nafas. Yaitu ramuan dari satu sendok makan jus lemon dan madu yang dimasukkan ke dalam segelas air panas. Kemudian, aduk hingga rata dan segera diminum. Untuk hasil yang maksimal, konsumsi ramuan jus madu dan lemon ini tiap pagi dan sore hari. Ketahuilah, cairan madu ini berfungsi untuk menyembuhkan infeksi pada saluran pernafasan sedangkan rasa asam pada lemon berkhasiat untuk mengurangi adanya lendir.

Berkumur Menggunakan Garam dan Air Hangat
Yah, ternyata larutan air garam tidak hanya berkhasiat untuk mengurangi rasa sakit pada gigi, tapi juga mengatasi sesak nafas. Anda dapat berkumur larutan air garam berulang kali dalam sehari untuk hasil yang lebih optimal. Namun, disarankan untuk berkumur sebanyak tiga sampai empat kali sehari. Fungsi garam untuk menghilangkan lendir yang mengganggu di saluran pernafasan sedangkan air panas berfungsi untuk menenangkan iritasi yang terjadi di tenggorokan. Untuk takaran yang disarankan lebih baik campurkan satu sednok teh garam dalam segelas air hangat, kemudian langsung kumur-kumur.

Teh Jahe
Sama halnya dengan kunyit, jahe juga termasuk salah satu tanaman obat keluarga yang memiliki berbagai khasiat salah satunya anti peradangan. Lendir dalam saluran pernafasan, dapat dihentikan sekresinya berkat adanya polifenol yang terdapat pada jahe. Anda dapat meracik jahe menjadi teh yang lebih mudah dan nikmati dikonsumsi. Caranya, iris satu batang jahe dan tambahkan ke dalam air panas. Biarkan jahe meresap air panas selama kurang lebih 5 menit. Kemudian, saring jahe tersebut hingga mendapatkan ekstraknya dan tambahkan beberapa tetes madu. Silakan minum ramuan ini sebanyak tiga kali sehari.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi sesak nafas yang dapat Anda terapkan dengan mudah dan alami. Tentunya memerlukan waktu yang sedikit lebih lama. Namun, jika Anda ingin cara yang kilat, segera konsultasikan dengan dokter ya!

0 komentar:

Post a Comment