IBX5AE02DED33218

Perbedaan Tanda-Tanda Haid dan Tanda Awal Kehamilan

Setiap wanita akan mengalami masa haid dengan siklus yang berbeda-beda sesuai kondisi tubuhnya. Ketika haid telat datang Anda akan mulai khawatir ada masalah yang terjadi di dalam tubuh. Namun untuk yang sudah menikah telat haid 5 hari atau lebih merupakan kabar gembira karena menandakan Anda sedang hamil. Ini perbedaan tanda-tandanya yang akan dialami.

Perbedaan Tanda-Tanda Haid

1.    Nyeri Payudara
Nyeri payudara yang terjadi saat akan datang hadi berlangsung sampai hari pertama atau kedua haid. Setelah itu Anda tidak mengalaminya lagi. Berbeda jika nyeri payudara merupakan tanda kehamilan karena berlangsungnya lebih lama.

Jika tanda hamil, payudara juga akan terasa padat dan lunak saat disentuh. Kondisi payudara ini dapat terjadi selama satu sampai dua minggu setelah proses pembuahan berlangsung. Ini terjadi karena hormon progesteron meningkat di dalam tubuh untuk proses kehamilan. Bahkan ada yang merasakan nyeri payudara ini selama masa kehamilannya.

2.    Keram Perut
Masalah keram perut memang sering dialami saat haid pada wanita umumnya. Ada perbedaan antara keram karena haid dan hamil. Ketika Anda mengalami keram karena haid akan berlangsung 1 sampai 2 hari sebelum masa haid.

Berbeda jika keram karena hamil. Keram akan terjadi setelah telat haid 5 hari bisa kurang atau pun lebih. Keram yang terjadi saat hamil karena berlangsungnya masa implantasi embrio. Rasa sakit keram perut karena hamil tidak sesakit keram karena akan mengalami haid.

3.    Pendarahan
Perbedaan pendarahan yang dialami karena haid dan kehamilan bisa diketahui dengan mudah. Jika Anda mengalami pendarahan yang sesuai dengan siklus haid berlangsung selama 7 hari normal atau sesuai kebiasaan maka itu memang haid. Lantas jika mengalami pendarahan yang singkat dengan bercak-bercak saja berarti Anda mengalami tanda kehamilan.

 Pendarahan yang dialami karena kehamilan hanya berlangsung dua hari saja untuk beberapa jam. Ini terjadi karena merupakan sebuah proses implantasi. Anda tidak perlu bingung jika darah berhenti langsung lakukan tes kehamilan sesuai dengan ukuran telat haid yang dialami.

4.    Sakit Punggung
Selanjutnya Anda akan mengalami sakit punggung saat PMS namun bisa juga karena tanda awal kehamilan. Sakit punggung karena haid akan berlangsung sebelum memasuki haid atau siklus menstruasi Anda. Jika sakit punggung karena hamil akan dialami setelah melewati usia kandungan 3 bulan baru mulai merasakan sakit punggung.

Jadi kalau Anda telat haid lalu mengalami sakit punggung ini memang tanda akan haid. Sakit punggung tidak dialami sebelum kehamilan. Sebab sakit punggung yang terjadi pada wanita hamil karena sudah adanya beban di dalam perutnya.

Jika sudah mengalami telat haid 5 hari dan tidak menunjukkan tanda-tanda kehamilan, maka bisa melakukan pemeriksaan dengan test pack. Bisa juga Anda langsung menemui dokter jika sebelumnya tidak pernah mengalami masalah ini.

0 komentar:

Post a Comment